Galeri DPRD Pekanbaru

Percepat Pembangunan, DPRD Bersama Pemko Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna

08 November 2018 | 08:34:00 WIB

Percepat Pembangunan, DPRD Bersama Pemko Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna
Ket Foto : Sekko Pekanbaru, M Noer menyerahkan Naskah tentang rencana pembangunan kota Pekanbaru tahun 2018-2038 kepada pimpinan sidang Paripurna

PEKANBARU - Dalam rangka percepatan pembangunan Kota Pekanbaru, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru bersama Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar Rapat Paripurna diaula Kantor DPRD Kota Pekanbaru, Senin (29/10/2018) lalu.
 
Dalam rapat peripurna tersebut Sekretaris Daerah Pekanbaru, M Noer MBS menyampaikan tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Pekanbaru tentang rencana pembangunan kota Pekanbaru tahun 2018 - 2038.
 
Dalam penyampaian tentang Ranperda Kota Pekanbaru tersebut, M Noer MBS mengucapkan rasa terima kasih kepada segenap para anggota dewan yang telah memberikan kesempatan untuk menyampaikan tentang rancangan peraturan daerah pada sidang paripurna tersebut.
 
"Oleh karena itu, diharapkan kepada segenap para anggota dewan yang terhormat untuk melakukan rapat pembahasan secara mendalam terkait kesempurnaan Ranperda lebih lanjut," ungkap M Noer ketika akan memaparkan tentang Ranperda Pembangunan Kota Pekanbaru 2018-2038.
 
Dalam rangka mewujudkan visi kota Pekanbaru tahun 2025, yaitu terwujudnya kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pendidikan serta pusat kebudayaan melayu menuju  masyarakat sejahtera yang berlandaskan iman dan takwa.
 
Beberapa upaya yang dilakukan diantaranya ialah: Pertama, tentang pemanfaatan ruang yang efektif, efisien, dan merata. Kedua, tentang pembangunan infrastruktur dasar, baik berupa  transportasi, sumber air, pengolahan limbah, pengendalian banjir, listrik, dan telekomunikasi. Ketiga, tentang pembangunan kota modern dengan konsep smart city, liveable city, dan     greencity. Keempat, tentang pengembangan kawasan, dan Kelima, tentang pemberdayaan masyarakat.
 
Dalam hal pemanfaatan ruang dan pengembangan kawasan, penyediaan dan tata kelola lahan menjadi kawasan peruntukan  tertentu juga mencakup kawasan industri, tepatnya di tenayan raya. Pembangunan kawasan industri tentu berkaitan erat dengan rencana pembangunan industri yang akan dilakukan.
 
Adanya perencanaan pembangunan industri kota Pekanbaru yang mampu mengurai dan memberi solusi terhadap berbagai permasalahan di atas serta memberi dampak pada pembangunan industri yang lebih maju sangat diperlukan.
 
"Jika pembahasan Ranperda ini tidak dilaksanakan pada tahun 2018 dikhawatirkan data yang dipergunakan menjadi kurang valid sehingga perlu mengeluarkan dana lagi untuk mengulang kajian RPIK," jelas M Noer.
 
Masa berlaku perda tentang RPIK kota Pekanbaru 2018-2038 yaitu selama 20 tahun terhitung mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2038, kemudian dapat dilakukan peninjauan kembali paling cepat satu kali dalam lima tahun.
 
Adapun tujuan penyusunan perda RPIK 2018-2038 sebagaimana yang dipaparkan M Noer adalah, "Mewujudkan industri daerah sebagai bagian dari pembangunan industri provinsi dan industri nasional. Mewujudkan kedalaman dan kekuatan struktur industri daerah, Mewujudkan industri daerah yang mandiri, berdaya saing dan maju, serta memiliki paradigma sebagai industri hijau".
 
Selanjutnya ialah "Mewujudkan kepastian berusaha, persaingan yang sehat,  serta mencegah pemusatan atau penguasaan industri oleh satu kelompok atau perseorangan yang merugikan     masyarakat di daerah, Membuka kesempatan berusaha, menanggulangi kemiskinan dan     perluasan kesempatan kerja dengan memprioritaskan pekerja lokal daerah".
 
"Mewujudkan pemerataan pembangunan industri daerah guna memperkuat dan memperkukuh ketahanan nasional dan Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat daerah  secara berkeadilan". galeri
 
 
 
Sekko Pekanbaru, M Noer menyerahkan Naskah tentang rencana pembangunan kota Pekanbaru tahun 2018-2038 kepada pimpinan sidang Paripurna
 
Suasana rapat paripurna di Ruang rapat DPRD Pekanbaru.
Para anggota DPRD Kota Pekanbaru saat menyanyikan lagu wajib nasional sebelum dimulainya rapat paripurna
 
Suasana rapat paripurna di Ruang rapat DPRD Pekanbaru
 
Para anggota DPRD Kota Pekanbaru saat menyanyikan lagu wajib nasional sebelum dimulainya rapat paripurna
 
Suasana menyanyikan lagu wajib nasional sebelum dimulainya rapat paripurna di DPRD Pekanbaru
 
Rapat paripurna DPRD Pekanbaru
 
 
 
 
Akses Indoriau.com Via Mobile m.indoriau.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker